Keseruan di Hacktoberfest 2017 dari Digital Ocean dan Github


Tepatnya pada Oktober 2017 lalu, ada perayaan satu bulan penuh untuk semuanya yang suka berperan aktif didunia OpenSource, itulah "Hacktoberfest" dan acara ini di adakan oleh Digital Ocean dengan kemitraan dengan Github. Ada berbagai hadiah menarik yang diberikan untuk kemu yang telah dianggap valid berkolaborasi pada lebih dari 4 project open source, dan akan dikirimkan secara gratis keseluruh dunia.

Kebetulan pula saya juga suka menghabiskan waktu untuk berkolaborasi di dunia software open source melalui Github. Untungnya saya mendengar info hactoberfest sebelum acara ini dimulai tepat pada 1 Oktober 2017, sehingga saya memiliki banyak waktu untuk lebih memahami syarat dan ketentuan dari kompetisi yang diadakan Digital Ocean ini.

Menjadi Peserta Hacktoberfest

Kompetisi ini terbuka dan bebas diikuti oleh seluruh komunitas global. Pull request yang dihitung valid bisa dari semua repository di Github, kecuali repo sendiri. Peserta dapat mendaftarkan dirinya pada tanggal 1 - 31 Oktober 2017 melalui website https://hacktoberfest.digitalocean.com/

Kontribusi Yang Dihitung Valid

Agar kontribusi kamu terhitung valid dan layak memenangkan hadiahnya berikut yang patut diperhatikan dan dilakukan. Pull request yang dihitung bisa dilakukan dan dimerge pada tanggal 1 - 31 Oktober 2017 dan berlakukan untuk seluruh zona waktu. Pull request yang dilakukan juga wajib dibuat kamu sendiri, jika kedepan ada pull request yang dianggap sebagai spam dan direport oleh pengguna lain, maka pull request tersebut tidak valid, dan bahkan kamu bisa didiskulifikasi dari Hactoberfest 2017.

Saatnya Berkontribusi


Hacktoberfest 2017 ini saya hanya terfokus pada beberapa project yang menggunakan bahasa pemrograman yang paling saya kuasai seperti Javascript, Python dan PHP saja. Tujuannya agar pengerjaan menjadi lebih efektif dan efisien dan sesuai target yang diharapkan untuk menjadi salah satu juara Hacktoberfest 2017.

Project di Github yang menjadi bagian dari Hactoberfest adalah yang mempunyai label "hacktoberfest" di isunya. Untuk semua list repo tersebut bisa diakses melalui alamat berikut ini : https://github.com/search?q=label:hacktoberfest+state:open+type:issue


Tidak Hanya Tentang Mengerjakan Issues

Satu persatu isu telah saya selesaikan, baik itu isu yang berhubungan dengan bug, todos, enhacement ataupun hal lainnya.  Tapi buka itu saja poin utamanya, karena saya bukan bagian dari projects yang memiliki isu, sehingga menu issue assigment tidak bisa dilakukan disini. Maka langsung saja saya memberikan komentar di isunya "i'll handle this" atau kalimat lainnya yang mengungkapkan bahwa kita akan mengerjakan isu tersebut, pastikan pula menggunakan bahasa Inggris karena pemilik repo buka hanya berasal dari Indonesia.

Tujuan memberikan komentar, karena kita balapan dengan peserta hacktoberfest lainnya yang mungkin juga tertarik untuk mengerjakan isu yang sama.

Akhirnya Kuota Terpenuhi

Akhirnya setelah beberapa hari saya sudah berkontribusi lebih dari 4 peoject, dan terhitung valid. Tapi ini masih baru seminggu, dan perasaan untuk kontribusi lebih lanjut masih ada, akhirnya saya lanjutkan menjadi isu - isu lain untuk membantu pengerjaannya. Sangat menyenangkan untuk bekerja di proyek-proyek open source dari seluruh belahan dunia, tentunya dengan teknologi dan metode yang berbeda - beda pula. Baru kali saya menggunakan fasilitas komentar di Github dengan sangat banyak dan sering. berhubung kemampuan kosa kata saya tidak terlalu luas, saya ucapkan juga kepada Google translate atas fasilitas yang diberikannya.


Saatnnya Berganti Peran

Setelah beberapa hari mengerjakan issues dari project lain, saya juga ingin agar repo saya ramai. Dari beberapa isu yang sudah mengendap direpo entah karena tidak sempat dikerjakan, lupa atau macet, saya menambahkan label "hacktoberfest" didalamnya. 

Tidak menunggu sampai 1 hari, sudah banyak yang komentar di isu tersebut dengan kalimat yang mirip "i'll handle this", berkat label inilah saya bisa mendapatkan banyak kontributor dari seluruh dunia untuk beberapa project saya diGithub dan tentunya tidak saya lupa untuk memasukan ke readme.md atau collaborators.md. 


Habis Oktober Datanglah November

Sejak tanggal 1 November saya menunggu-nunggu  info berikutnya dari penyelenggara Hacktoberfest untuk pengiriman hadiah. Tapi sampai pertengahan bulan belum saya dapatkan info tersebut, saya ragu bahwa kepersertaan saya tidak valid, hingga pada suatu hari setelah pertengahan bukan November 2017, ada email masuk dengan judul "DigitalOcean Hacktoberfest 2017...". 

Akan ada unique link yang diminta untuk dikunjungi, disitu  ada pilihan ukuran t-shirt dan detail lain tentang hadiah yang akan dikirimkan dan mengisi formulir berisi tujuan alamat, nama dan kontak pengiriman. Setelah pengisian formulir selesai dan di submit, saya mendapat email balasan yang memberitahukan no id pengiriman dan detail pengiriman, sisanya tinggal menunggu paket hadiah dikirim dan tinggal saya nikmati.







Terimakasih kepada DigitalOcean yang bekerja sama dengen Github untuk mengadakan Hacktoberfest tiap tahunnya, semoga untuk Hacktoberfest 2018 bisa saya ikuti kembali dengan maksimal.

Komentar

Posting Komentar