Selasa, 19 Januari 2016

Belanja di Tokopedia.com Bikin Ketagihan


Tokopedia saya baca dihalaman about us nya menjelaskan bahwa, Tokoepedia adalah sebuah adalah perusahaan internet yang memungkinkan individu dan pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko online mereka sendiri dengan mudah dan gratis. Tokopedia memberikan pengalaman online yang lebih baik untuk menjual penjual, sehingga penjual dapat memberikan pengalaman belanja online yang lebih baik kepada pelanggan mereka. https://www.tokopedia.com/about.

Awalnya saya ragu untuk berbelanja online, bukan karena masalah aman atau tidak aman, tapi selama saya bisa mendapatkan barang tersebut secara offline, buat apa saya beli via online, sudah ditambah ongkos kirim dan waktu tunggu untuk pengirimannya. Berawal ketika saya ingin mencari heaset beats solo 2.0, rasanya jika saya keliling beberapa toko musik/elektronik di Jogja terlalu merepotkan, langsung saja saya cari di tokopedia.com menggunakan keyboard 'beats solo 2.0', dan inilah hasil yang saya dapatkan.



Langsung saja saya merasakan apa itu enaknya belanja secara online, pertama harga yang murah bahkan untuk yang versi oem ataupun original sekalipun (padahal belum dicek keasliannya), jenis yang beragam. Selama ini saya berpikir jenis headset beats solo 2.0 yang terjual hanya warna polos saja, ternyata ada yang lebih dari pada itu.


untuk yakin apakah pedagang atau barang yang akan kita beli tersebut sesuai dengan ekspetasi, ada beberapa hal yang pasti saya perhatikan sebelum klik tombol order dan purchase. Pertama adalah list product info, reviews dan talk about.

Product info berisi info dari produk yang dijual , meliputi jumlah view, berapa kali terjual, kondisi (baru / bekas), total berat (berefek pada saat pengiriman barang), dan beberapa info lainnya serta detail barang (makin serius isi detailnya, makin serius pula niat saya untuk membelinya).

Reviews berisi dari review para pembeli yang pernah membeli barang tersebut, review bisa diberikan oleh user yang berhasil transaksi maupun yang gagal transaksi(dibatalkan penjual, biasanya karena stok habis). Dari review para pembeli tersebut maka bisa kita sendiri bagaimana nantinya barang yang akan kita terima.

Talk about it  memungkinkan para pembeli untuk menanyakan secara langsung kepada penjual tentang produk yang akan kita beli tersebut sehingga membuat pembeli lebih yakin lagi untuk membeli barang tersebut.



Poin berikutnya yang tidak kalah penting untuk saya sebagai pembeli adalah, rating diatas. Dengan melihat kita sebagai penjual pasti langsung tahu, seberapa layakkah pedagang ini akan kita beli barang dagannya.

Konsep Tokopedia

Selain hal diatas ada satu lagi yang membuat saya yakin untuk berbelanja di Tokopedia.com, yaitu konsep pembayarannya. Pertama setelah pembeli melakukan purchase barang dan melakukan pembayaran di Tokopedia. Sebelum disini saya jelaskan bahwa Tokopedia support untuk berbagai macam metode pembayaran, sumber https://www.tokopedia.com/help/payment#payment-method.



Dari berbagai metode pembayaran tersebut ada 3 metode yang pernah saya gunakan, pertama dari Mandiri Clikpay, cukup klik maka uang terkirim tanpa pergi ke ATM. ke dua adalah via saldo tokopedia, kadang untuk pembelian barang saya sering melebihkan uang transfernya dengan tujuan menambah saldo di Tokopedia. dan terakhir yang paling sering saya gunakan adalah via transfer bank, kekurangannya untuk transfer bank, pihak Tokopedia akan melakukan verifikasi secara manual, sehingga kita diharuskan input ke form meliputi, nama lengkap, data rekening dan bank, value serta foto bukti transfer. Namun meskipun manual, Tokopedia tergolong sangat cepat untuk verifikasi pembayaran meskipun dengan cara manual.

Nah setelah uang tertransfer, maka diharuskan penjual verifikasi transfer tersebut. Tokopedia memberikan batas maksimal bagi penjual untuk segera memproses permintaan pembeli, setelah melewati batas dan permintaan tidak diproses maka secara otomatis uang yang telah ditransfer tadi akan menjadi milik pembeli kembali dan menjadi saldo di Tokopedia, untuk selanjutnya saldo tersebut bisa digunakan untuk proses jual beli kembali atau di transfer ke rekening sendiri. Batas yang diberikan penjual untuk input nomor resi pengiriman barang adalah maksimal 5 hari.

Setelah pembayaran dikonfirmasi oleh Tokopedia, maka penjual harus segera mengirimkan barang tersebut. Untuk kemudian mendapat feedback dari pembeli bahwa barang sudah sesuai dengan yang diinginkan, untuk kemudian Tokopedia meneruskan biaya yang tadi telah dikirimkan ke pihak penjual. Adil bukan.


Belanja di Tokopedia

Siap untuk belanja, mari kita buka Tokopedia.com. 

Tokopedia juga memiliki fitur katalog, yang berisi kategori dari produk-produk yang dijual. Dengan cara tersebut memudahkan pembeli untuk membandingkan dari satu toko dengan toko lainnya. Pada bagian filter ada yang wajib saya ganti yaitu lokasi, saya lebih suka menerima barang dari Pulau Jawa terutama Yogyakarta/Jakarta selain murah di ongkir juga agar tidak lama menunggu barangnya sampai.

Selanjut silahkan pilih layanan pengiriman yang paling cocok. Cek juga berapa harga yang harus dikirimkan. Dilanjutkan memilih metode pembayaran dan klik tombol 'checkout' untuk memulai transaksi. Untuk transaksi disini saya menggunakan metode transfer.



Yes tampilan terakhir berisi total biaya yang harus ditransfer melalui akun bank Tokopedia yang sudah tertulis dihalaman tersebut.

Langkah selanjutnya silahkan monitoring terus belajaannya di halaman konfirmasi https://www.tokopedia.com/tx_payment_confirm.pl , melalui halaman tersebut pembeli bisa mengetahui apakah barang sudah diproses penjual, sudah dikirim atau dicancel.


Akhirnya barang sampai, seperti itulah tampilan monitoring dari barang mulai order, diproses sampai dikirim ke penjual.

Satu hal lagi yang jangan dilupakan untuk memberikan feedback pada penjual yang telah kita gunakan jasanya, karena feedback ini akan memberikan dampak yang besar untuk penjual dikemudian hari untuk lebih baik dari pada hari sebelumnya.



Selamat belanja.


0 comments:

Poskan Komentar