Rabu, 23 September 2015

Juara di INAICTA 2015 bersama Amikom



Berawal dari partisipasi di ajang kompetisi ICT internal yang diadakan kampus, yaitu AMICTA (Amikom ICT Awards) 2015, dan berakhir saya mendapatkan merrit winner untuk karya kami "Linuxourse" di kategori research and development, dan telah saya posting disini : http://www.yussan.me/2015/06/linuxourse-merit-amicta-2015-kategori.html . 3 minggu berikutnya dibukalah pendaftaran untuk kompetisi ICT dengan skala yang lebih tinggi nasional, yaitu INAICTA(Indonesia ICT Awards) 2015.

INAICTA merupakan ajang kompetisi di bidang ICT yang paling bergengsi di Indonesia, diadakan oleh KEMKOMINFO(Kementrian Komunikasi dan Informatika), Bersama tim saya Linuxourse. Dari +-1200 peserta yang mendaftar untuk INAICTA 2015, alhamdulillah tim Linuxourse lolos untuk masuk tahap penjurian ke 2 bersama 7 tim lainnya untuk kategori education and culture. Unutk lebih tahu tentang Linuxourse, disini saya cantumkan video singkat yang menjelaskannya.



Terimakasih saya ucapkan kepada kampus tercinta STMIK Amikom Yogyakarta yang telah memberikan bekal dari segi ilmu maupun akomodasi. Setelah mendapatkan merrit di AMICTA, maka saya dan tim saya berhak untuk mengikuti bootcamp yang diadakan Amikom untuk persiapan menuju kompetisi dengan level yang lebih tinggi yaitu INAICTA ini. kurang lebih selama sebulan tim - tim pemenang INAICTA mengikuti bootcamp. Kepada anggotaku +Mudawil Qulub  dan +Ahmad Fuad terimakasih juga atas kerja kerasnya, meski saya hanya bisa hadir pada pertemuan terakhir untuk bootcamp karena saya harus masuk kantor, berkat mereka saya tidak pernah meninggalkan sesi-sesi penting ketika bootcamp berlangsung. Selain pembekalan materi, dari sisi dana Amikom juga memberikan akomodasi berupa tiket pesawat pulang pergi Yogyakarta dan Jakarta, juga 5 hari dan 4 malam serta makan dan uang saku selama di Jakarta, wah pokoknya enak sekali.



3 Hari di Jakarta berikut ringkasan agenda-agenda utama yang diadakan Amikom, hari pertama survey ke Binus University di FX Sudirman Jakarta, tempat diadakannya penjurian tahap 2 INAICTA 2015. Kemudian di hari ke 2 dan 3 adalah latihan presentasi untuk penjurian tahap 2. Hari ke 4 adalah penjurian INAICTA. Hari sebelumnya saya yakin akan ada Bapak Onno W Purbo datang sebagai juri tim kami, karena kami membawakan Linux dan Education jadi cocok lah. Ternyata benar Pak Onno jadi salah satu juri tim kami, so kami bawa dengan enjoy saja. Nah hari ke 5 adlah sesi jalan-jalan dan malam penganugerahan.

Alhamdulillah Tim Amikom berhasil membawa 2 tropy pemenang INAICTA 2015, yaitu <e-Inclusion & Sustainability: B-Touch & Digital Interactive Media: Hybrid Smart Home Interactive >. Meski Linuxourse hanya sebagai nominator, tapi kami adalah Amikom dan telah berhasil menang di kompetisi level nasional ini.


Acara berakhir, waktunya pulang dan tidur nyenyak dihotel untuk persiapan pulang ke Jogja, ternyata paginya +Ahmad Fuad mengeluh tidak enak badang, kemungkinan karena tidur terlalu larut dan terus terpapar AC, efeknya dia tidak mau makan dari sarapan sampai pulang kejogja. Ternyata sesampai di Jogja kami disambut pak Yanto sebagai ketua Amikom, disamping itu dikampus kebetulan juga sedang diadakan acara PPM atau kampus lain menyebut dengan ospek. Nah kami para pemenang dipanggil ke panggung acara tersebut untuk memberikan beberapa patah kata yang diwakilkan oleh pak Heri selaku ketua P3M Amikom dan penanggung jawab tim Amikom di ajakang INAICTA 2015.



0 comments:

Poskan Komentar