Rabu, 03 Juni 2015

Angular JS Membuat Coding Menjadi Lebih Menyenangkan



Angular JS merupakan sebuah framework javacscript yang dikembangkan oleh Google Inc. Awal ketertarikan saya menggunakan Angular JS adalah ketika sedang baca-baca beberapa lowongan programmer web, dan disitu saya banyak menemukan kata-kata Angular JS. Berawal dari belajar di W3school kini akhirnya untuk pertama kali saya menerapkannya pada proyek web yang sedang saya kerjakan.

Angular JS cukup baru dibandingkan dengan framework javascript lainnya, keunggulan utama dalam javascript ada penerapan controller sehingga memudahkan developer untuk memanajemen berbagai fungsi dalam aplikasinya.



Gambar diatas adalah contoh beberapa baris penulisan kombinasi PHP dan Angular JS.

Salah satu keunggulan yang paling menarik bagi saya adalah data binding, untuk penulisan sederhannya adalah {{model}} . Menggunakan data binding, yang namanya deklarasi variabel atau fungsi yang biasanya sangat panjang menggunakan javascript biasa bisa diminimalkan dengan Angular JS, bahkan bisa menjadi cukup satu kata.

Untnuk lebih memahami maksud saya adalah, silahkan bukan halaman ini : http://www.w3schools.com/angular/tryit.asp?filename=try_ng_default , didalamnya ada baris kode yang menampilkan input text sebagai model dan menampilkan hasilnya di object {{name}} .


Disamping itu masih banyak lagi fitur lainnya yang tidak kalah keren, terutama pada ajax, event click maupun beberapa fitur lainnya.

Salah satu implementasi yang saya lakukan untuk GejayanStore adalah menampilkan JSON hasil dari response AJAX, untuk kemudian melakukan pengolahan datanya menggunakan AngularJS, sehinigga loading lebih cepat karena tanpa refresh halaman web.



Disini saya merekomendasikan untuk memulai belajar Angular terlebih dahulu dari www.w3school.com/angular

Untuk kemudian silahkan menyelesaikan beberapa soal tentang Angular JS dari www.codecademy.com/learn/learn-angularjs


0 comments:

Posting Komentar