Jumat, 24 April 2015

Sistem Keuangan Untuk LKMA Asih Lestari Kulon Progo DIY


Merupakan sebuah sistem informasi keuangan (simpan pinjam) yang ditujukan untuk client saya yaitu LKMA Asih Lestari berbasis web dan dijalankan secara offline, Melalui sistem ini client bisa melakukan oleh data anggota, untuk kemudian membuat rekening baru untuk masing-masing anggota. Dari rekening yang dibuat bisa dilakukan untuk melakukan setoran, pinjaman, maupun angsuran pinjaman.

Fitur Anggota

Fitur pertama yang saya jelaskan adalah, fitur anggota. Melalui ini karyawan bisa menambah, edit maupun menonaktifkan anggota.Sebagai jaminan apakah data anggota itu valid maka sebagai jaminannya adalah KTP calon anggota.



Laporan Simpanan



pada fitur laporan simpanan ada 2 menu yang disajikan, yaitu untuk olah data simpanan, yaitu anggota yang ingin membuat data simpanan/rekening baru, untuk sistem ini dibatasi satu anggota hanya diperbolehkan memiliki satu rekening.

dan menu kedua adalah setoran, dari simpanan yang telah dibuat oleh anggota untuk kemudian pengguna bisa melakukan setoran/simpan melalui menu ini.

Laporan Pinjaman


Seperti yang dilihat pada submenunya, ada 3 fitur utama yang disediakan, yaitu menambah jaminan, membuat pinjaman baru dan angsuran pinjaman.

Untuk melakukan pinjaman, sebelumnya harus menyiapkan berbagai data meliputi jumlah uang yang dipinjamkan, dan data jaminan. Jaminan bisa berbeda-beda tergantung dari bear pinjaman. Setelah data pinjaman dimasukan, baru karyawan bisa melakukan input untuk data pinjaman.

Setoran dilakukan tiap bulan, dan tiap bulan dikenai bunga 0,03% dari total angsuran bulan ini, untuk pelanggan yang tidak membayar angsuran sampai batas tempo, dikenai denda sebesar 0.05% dari total angsuran yang harus dibayarkan pada bulan ini dan bulan sebelumnya yang belum terbayar.

Source code sistem ini saya buat open source,untuk menjadi sistem yang lebih didepannya maka para developer web mari mengembangkan web ini untuk mencapai tujuan tersebut. Silahkan for di laman github saya : https://github.com/yussan/nurma-lkma-asihlestari

0 comments:

Posting Komentar