Jumat, 24 April 2015

Cerita 2 Bulan Mengerjakan Web Akuntansi untuk BDA Jaya Lampung


website ini dibuat oleh tim beranggotakan +Merti Dina Nisa sebagai project manager + analisis dan saya +Yusuf A.H Amikom sebagai designer + developer. Merupakan sebuah website yang digunakan untuk manajemen keuangan/akuntani meliputi, pemasukan/pengeluaran harian, inventori gudang, laporan penjurnalan maupun buku besar untuk periode tertentu.

Fitur Aplikasi



Ada 3 macam pengguna yang bisa login untuk menggunakan aplikasi ini, yaitu :

  1. Kasir, melayani transaksi dan data pelanggan.
  2. Gudang, melayani inventori dan data pemasok.
  3. Admin, meliputi semua fitur yang dimiliki kasir dan gudang, serta fitur akuntasi untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran harian, buku besar, neraca dan olah data karyawan.
Kasir

Dalam penggunaan aplikasinnya, kasir menggunakan  ketika ada pelanggan yang membeli produk di BDA Jaya, sama seperti ketika kita belanja di mini market atau sejenisnya.

Transaksi untuk kemudian diolah, apakah pelanggan memilih untuk berhutang atau lanjut membayar dengan uang tunai. Jika pelanggan memilih berhutang, sistem juga menyediakan fasilitas untuk membayar angsuran atau pelunasan hutang tersebut sesuai dengan data transaksi dan data pelanggan.

Gudang

Fitur gudang dibuat untuk memudahkan dalam memanajemen barang, pemasok dan menambah pasokan barang. Dari data pasokan tersebut untuk kemudian kedalam sistem akuntansi, apakah bulan/tahun ini toko mengalami rugi atau laba.


Pemilik

Di bagian sinilah saya sebagai developer merasakan step yang paling sulit, karena tidak mempunyai dasar tentang ilmu ekonomi, untunglah sebagai tim analisis +Merti Dina Nisa  telah menyiapkan segala perhitungan maupun algoritma yang akan digunakan oleh sistem ini.

Melalui fitur ini pemilik bisa melihat detail kredit dan laba dalam hari, bulan, tahun maupun tanggal tertentu.


untuk kemudian dilakukan penjurnalan, tiap bulan atau tahunnya, untuk cek keseimbangan antar kredit dan debit, sebagai acuan untuk menghitung neraca dan laporan akhir.


Disamping fitur-fitur akuntansi yang lain, fitur pemilik ini mempunyai tujuan akhir yaitu untuk menentukan apakah tahun ini keadaan toko sedang mengalami 'laba' atau 'rugi'.


Seperti itulah penjelasan dari sistem akuntansi yang telah kami buat, kode terbuka dan bersifat open source. Mari bantu untuk mengembangkan ke sistem yang lebih baik, silahkan fork di repository github saya.








0 comments:

Posting Komentar