Jumat, 13 Maret 2015

Selesai Juga E-Learning berbasis Sosial Media Untuk SMK 01 Depok Babarsari Yogyakarta

Halaman Depan E-Learning

Kali ini yussan membuat sesuatu yang beda untuk e-learning pada suatu sekolah. Ini adalah e-learning berbasis sosial media, dimana selain kegiatan belajar-mengajar bisa dilakukan melalui internet, komunikasipun juga sedemikian.


Dari halaman depan diatas pasti sudah ketahuan bagaimana konsepnya, cara kerjanya sama persis seperti facebook , dimana ada halaman timeline dan group. Perbedaannya adalaha sebagai berikut :

Halaman Group
Para siswwa bisa saling ngobrol dan fokus pada tema tertentu sesuai dengan groupnya, penamaan group juga tidak sembarangan, hanya boleh menggunakan nama yang sudah ditentukan adamin (dalam kasus ini nama group setidaknya mengandung 1 kata dari nama mata pelajaran). Didalam group para siswa dan guru bisa saling share materi, soal dan beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar.

Jadwal Pelajaran
Para siswa akan selalu diingatkan dengan jadwal pelajaran yang harus mereka hadapi ketika menggunakan e-learning ini.
lihat jadwal pelajaran
Halaman Guru
Tidak berbeda dengan halaman profil dari siswa, perbedaannya ada beberapa menu untuk mengunduh materi, soal dan beberapa file yang guru share untuk para siswa.
halaman guru
Halaman lain : meliputi halaman berita, halaman materi, halaman soal, edit profile siswa/guru, dan saling berkirim pesan antar pengguna(siswa-siswa, siswa-guru dan sebaliknya).

Dibuat menggunakan PHP dengan framework Codeigniter. Untuk sourcenya saya buat open source dan silahkan di fork dari github : https://github.com/yussan/SMAN-01-Depok-Babarsari-Sosial-Version-1.0


0 comments:

Posting Komentar