Sabtu, 14 Maret 2015

Mengikuti Kompetisi Code 4 Vote 2 by GDG Indonesia di Jakarta

tim-tim dari Yogyakarta

Dalam rangka pemilu Indonesia tahun 2014 kemarin, GDG Jakarta mengadakan kompetisi bertajuk "Code 4 Vote ". Kompetisi ini merupakan cipta software baik mobile, web atau desktop yang mengaharuskan menggunakan data yang sudah disiapkan dari http://apipemilu.org. Akhirnya saya dan tim putuskan untuk membuat aplikasi mobile.

Saya dan teman menjadi salah satu wakil Jogja bersama FOSSIL. Untuk FOSSIL STMIK Amikom Yogyakarta menyiapkan 2 tim, sedang untuk tim dari jogja lainnya : ada tim dari female dev dan tim aku pilih.

Hadiah untuk para juara sangatlah menggiurkan makanya kami sangat antusias mengikuti kompetisi. Untuk Juara pertama mendapatkan tour gratis ke kantor Google Singapur dan funding Rp15jt, juara ke dua ada 1 unit Nexus 5  dan funding Rp 10,5jt, juara ke 3 1 unit Nexus 7dan funding Rp7jt dan masih banyak hadiah lainnya yang bisa di cek disini.

Acara diadakan pada :
Sabtu, 14 Juni 2014
The Cone, FX Jakarta
Jl. Jendral Sudirman, Pintu Satu Senayan

TIM Fossil berangkat dari Yogyakarta pada Jum'at sekitar pukul 20:00 menggunakan kereta, hingga akhirnya sampai di lokasi lomba paginya sekitar pukul 08:00. Dan sampai lagi di Jogja pada Minggu 09:00. Terimakasih kepada Kibar yang telah memberikan full akomodasi mulai dari transport sampai makannya hingga kami bisa mengikuti kompetisi ini dengan tenang.

Sebelm berangkat ke The Cone, FX Jakarta. Kami mampir terleih dahulu ke kantor Kibar, dalam rangka sholat shubuh, mandi dan melakukan segala persiapan untuk lomba. Saat itu kamar mandir super antri, jadi kami putuskan untuk Mandi di tempat lain, sebagian mandi di kantor polisi , sebagai di masjid depan kantor kibar.

di kantor Kibar

Tim FOSSIL 1
Challenge pun berlangsung dari pagi sampai petangnya. Aplikasi yang Tim saya buat adalah aplikasi untuk android. Yaitu aplikasi untuk pelanggaran pemilu, pengguna akan mengabadikan bentuk-bentuk pelanggaran pemilu untuk kemudian akan langsung disampaikan ke Badan Pengawas Pemilu. untuk dilakukan verifikasi data. Pengguna yang lain juga bisa melihat contoh pelanggaran pemilu terutama pada masa kampanye yang sudah terverifikasi maupun belum sehingga bisa ikut menilai jalannya kampanye dan pemilu di Indonesia. Untuk portofilio silahkan bukan halaman Behance saya di https://www.behance.net/gallery/19249505/Pelanggaran-Pemilu-Android-Code4Vote-2-Jakarta. Source saya sebarkan secara open source di https://github.com/yussan/GDG-PelanggaranPemilu2014

Suasana Kompetisi

waw sungguh saat yang menyenangkan ketika juru datang untuk memberikan pertanyaan dan penilaian.

suasana penjurian
So akhirnya kami pulang setelah jama' sholat maghrib dan isya' terimaskasih dari penyelenggaran dan sponsor atas merchandise yang diberikan, banyak sekali sampai bingung cara bawanya. Berbeda ketika berangkat, suatu di kereta ketika pulang sangat sepi kayaknya kecapaian semua so selamat istirahat. Meski tidak dapat juara utama kami akan berusaha di kompetisi berikutnya akan menjadi juaara.





0 comments:

Posting Komentar