Senin, 04 Agustus 2014

3 Bulan Mengerjakan Proyek Web Persewaan Alat Pesta

halaman depan web persewaan Wk Grup

Ceritaku kali ini adalah ketika aku mengerjakan proyek pembuatan web persewaan alat pesta yang aku kerjakan selama 3 bulan, mulai dari ide,rancangan, desain, koding dan testing. Untuknya klien tidak meminta sampai tahap publikasi. Saya juga tidak tanya mengapa, tentu saja ini sangat membantu saya, karena cukup menyerahkan source code dan vi sudah saya terima.

Oke project ini saya dapat dari kenalan yang juga seorang dosen, dan saat itu aku masih kuliah di semester 5 tempat beliau juga mengajar, usia kami terpaut 4 tahun, dilihat dari angkatannya yang 2008 sedang saya 2011. Untuk klien yang sedang saya tangani adalah WK Group sebuah perusahaan persewaan alat pesta yang lokasi kantornya berada di Kab. Sleman DIY. Yang disewakan klien saya tersebut adalah alat-alat pesta, seperti tenda nikah, dekorasi, meja-kursi, dan lain-lain yang berhubungan dengan pesat, nikah, atau event. Untuk pembagian tugasnya tim1 satu / teman saya sebagai penghubung/kontak jika suatu saat klien ingin bertanya/merasa tidak cocok dengan rancangan dan mengenalkan hasil produk saya ke klien, dan saya sendiri sebagai perancang, desain, dan pembuat web. Untuk bug terster dan validation kami kerjakan berdua.

Untuk saja saat projek itu adalah saat dimana libur panjang, yaitu ketika bulan Ramadhan, dan kebetulan juga setiap Ramadhan, kampusku STMIK AmikomYogyakarta bertepatan dengan pergantian tahun ajaran, dan tentu dengan libur panjangnya yang sampai 3 bulan, jelas ini sesuatu yang spesial buat saya, saya bisa lebih fokus untuk mengerjakan projek ini.

Dihari-hari pertama pembuatan desain saya kerjakan dirumah, sehingga untuk berhubungan dengan teman saya yang masih dijogja menggunakan fasilitas internet, facebook mesenger dan google drivelah yang berperan aktif disini, saya bisa kirim rancangan desain ke teman saya agar disampaikan ke klien sehingga cocok dengan permintaan.

Setelah membuat rancangan proses dan usecasenya aku buat ERDnya, berisi diagram data-data dan q buat se normal mungkin, agar tidak ada pemborosan tempat untuk menyimpan data. Server yang kugunakan adalah MySQL. Baru setelah dirasa cukup dan mencangkup semua prosesnya kini giliran membuat desain awal untuk tampilan frontendnya.

Desain sudah selesai kini giliran membuatnya menjadi tampilan web aka html, dengan bantuan bootstrap 3 dan inkscape saya mulai membuat tampilan frontend dan desain logo+menunya. Berbekal laptop dengan OS Ubuntu 13.04 dan sublime text 3 aku mulai melakukan pembuatan front end. dan ta...daa.... tampilan selesai dalam waktu 4 hari.

Halaman Depan Web
Sip selnjutnya buat front endnya, mesin yang aku gunakan adalah Codeigniter a.k.a CI, karena dengan menggunakan framework PHP tersebut maka pengerjaan akan lebih mudah, aman dan cepat. Tapi harus ditambal di beberapa tempat karena masih banyak celah yang bisa merusak keamanan web. Sebelumnya aku menggunakan CI hanya untuk main-main, bukan untuk mengerjakan proyek besar seperti ini, mumpung ada proyek besar inilah kesempatan aku untuk menggunakan CI lebih maksimal.

Membuat web persewaan tentu lebih susah dari web penjualan, kenapa karena jika di web penjualan barang kita telah dipesan orang maka ya sudah barang itu hilang, tapi di web persewaan beda lagi, barang yang sudah dipesan oleh orang, maka sistem juga harus memperhitungkan kapan barang tersebut kembali, dan jika barang terlambat kembali maka harus diperhitungkan juga berapa ruginya, untuk sistem yang saya buat kali ini perhitungan ruginya adalah Rp.20.000/hari jika peminjam melewati batas pengembalian. Caranya saya buat query yang otomatis dieksekusi ketika peminjam mengakses halaman dashboardnya.

Dihalaman dashboard tersebut peminjam bisa melihat barang-barang apa saja yang telah dia pinjam, berapa total harganya, kapan kembali, apakah sudah lunas atau malah ada dendanya.

tampilan pemesanan

Nah untuk metode pemilihan barang untuk ketika order menggunakan cart sama seperti toko online, jadi sebelum pengguna memasukan pemesanan ke halaman dashboard bisa lihat apa saja yang telah dia pesan dan berap total harganya.

tamplan cart

Kurang seperti seperti itulah, yang kukerjakan yaitu hanya meliputi tahap pembangunannya saja, tidak bertanggung jawab untuk perbaikan dan langkah selanjutnya setelah klien deal dengan hasilnya, bayaran untuk saya Rp.2jt , mungkin kalo sudah dilengkapi dengan sistem statistik pengunjung dan barang yang tersewa bisa berkali-kali lipat bayarnya.

0 comments:

Posting Komentar